Selasa, 09 Februari 2010 05.24 by Deasy Anggreini

PELAJAR LEBIH SENANG MENCARI ILMU DI INTERNET DARI PADA BUKU PELAJARAN ; TUGAS 1


• INTERNET
Seperti yang telah kita ketahui, internet adalah suatu bentuk perwujudan dari teknologi informasi dan komunikasi. Dimana, pengertian dari teknologi informasi itu sendiri adalah teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah data, memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, baik digunakan untuk keperluan pribadi, atau keperluan lain. Maka, dengan menggunakan internet sebenarnya kita sudah bisa mengetahui perkembangan di bidang apapun di seluruh belahan dunia. Dengan menggunakan internet, semua akan terasa mudah, karena kita hanya perlu masuk ke situs yang kita inginkan, lalu mengetik informasi apa yang ingin kita ketahui, klik di sana-sini, maka terpampanglah apa yang kita inginkan. Semua terasa begitu mudah dengan adanya internet.

• STRATEGI PENGAJARAN
Sekarang sudah begitu banyak perubahan yang dirasakan sisiwa/siswi dalam proses belajar-mengajar. Dimana sekarang para pengajar sudah lebih menekankan untuk siswa/siswi lebih aktif dari pada pengajar. Hal ini adalah bagian dari prinsip Konstruktivisme, prinsip ini menekankan agar individu (pelajar) secara aktif menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahaman. Menurut pandangan prinsip ini, pengajar bukan hanya sekedar member informasi ke pikiran pelajar, tetapi pengajar harus lebih mendorong pelajar untuuk menemukan pengetahuan dan mengeksplorasinya. Maka, dari penjelasan diatas, fungsi pengajar pada saat ini tidak seberat pengajar pada masa dulu, dimana pengajar dulu harus benar-benar mengajarkan pelajaran dengan sangat detail, dan pelajar hanya duduk diam di tempat duduk. Pengajar masa kini hanya bertugas untuk memberikan garis besar dari pengetahuan yang akan diajarkannya dan pelajarlah yang harus lebih aktif dalam mencari penjelasan dari garis-garis besar tersebut.

• USAHA PELAJAR MENCARI ILMU
Dengan adanya sistem pengajaran seperti di atas. Maka para pelajar akan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang paling lengkap. Maka, banyak pelajar mencari ilmu pengetahuan dari internet. Karena, seperti yang telah dibahas diatas internet menyediakan berbagai macam informasi yang selalu up date dan hampir lengkap dari segala macam sumber. Oleh karena adanya internet, maka pencarian ilmu dari buku sudah jarang dilakukan pelajar. Menurut pengalaman saya, mencari ilmu di internet memang lebih menyenangkan, karena kita hanya melakukan beberapa hal saja, lalu ilmu yang kita cari sudah terpampang, dan kita hanya tinggal memilih mana yang akan kita ambil. Hal ini sangat gampang dan lebih menyenangkan dari pada harus membaca buku, dimana kita harus mencari buku tersebut baik ke perpustakaan atau toko buku, lalu harus membaca daftar isi dulu untuk melihat apa ada ilmu yang kita inginkan. Dengan menggunakan internet kita juga dapat menggunakan waktu dengan lebih efisien, lebih cepat mendapat hasil, tidak repot, dan tidak merasa jenuh. Dan ketika kita mencari ilmu di internet, kita juga bisa sekaligus menambah wawasan kita mengenai teknologi terbaru di sekitar kita. Internet juga memilki kelebihan dimana terkadang tampilan ilmu yang kita buka memiliki gambar serta warna yang menarik, sehingga kita lebih bersemangat dan lebih mudah memahami ketika membaca di internet. Sementara, pada buku pelajaran hanya ada sedikit warna dan sedikit gambar, sehingga membuat kita mudah merasa bosan dan jenuh saat membaca buku.
Tetapi, mencari ilmu di internet tidak begitu baik. Karena walaupun banyak situs yang bisa dibuka sehubungan dengan mencari ilmu seperti : google, Wikipedia, e-dukasi.net, namun terkadang ilmu yang kita dapat dari internet belum jelas kebenarannya, karena situs internet selalu di up date dengan hal baru, maka terkadang ilmu baru yang belum di uji oleh para ahli dapat kita temukan. Sementara ilmu yang belum di uji oleh para ahli belum dapat kita pergunakan dalam proses belajar.
Maka, hasil pencarian ilmu yang kita lakukan akan lebih baik apabila digabungkan antara ilmu yang didapat dari internet dan dari buku. Dimana hasil dari internet dan buku saling menutupi kekurangan satu sama lain. Dan kita sebagai pelajar bisa mendapatkan ilmu yang lengkap serta teruji kebenarannya.

Sumber Referensi :
 Munir, M.IT. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. 2008
 Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. 2008

Ditulis oleh : Deasy Anggreini Pane (09-008)
Tanggal 09 Februari 2010
Pukul 20:30

0 Response to " "

Posting Komentar